Briefing Pagi Penting

Briefing Pagi Penting

Oleh HM Dihan

Wakil Ketua Pengadilan Agama Kebumen

Mendengar kata briefing, yang tertangkap di benak kita adalah orang atau berkumpulnya beberapa orang yang mendapatkan pengarahan sebelum melakukan suatu pekerjaan. Kata briefing, berasal dari bahasa inggris, yang berarti pengarahan, yang dilakukan oleh seseorang, biasanya atasan atau bisa juga dilakukan oleh seseorang dalam kelompok tetapi yang dianggap sebagai orang yang lebih berpengalaman dalam melakukan sesuatu pekerjaan/kegiatan tersebut.

Briefing ini mejadi penting, karena ia berfungsi tidak saja sebagai bentuk pengarahan dari atasan, tetapi juga akan berfungsi sebagai penyemangat dalam melakukan sesuatu. Briefing juga bisa kita lakukan dalam rangka mengingatkan tahapan-tahapan atas suatu pekerjaan.

Pertanyaanya adalah, mengapa briefing pagi itu penting?

Dalam bekerja kita harus bisa memberikan semangat positif kepada diri kita sendiri, mengapa? Ya karena semangat dari diri kita sendirilah dapat menjadikan diri kita menyukai dan dan mampu menghadapi berbagai macam tantangan dalam pekerjaan kita. Namun bagaimana cara kita menumbuhkan semangat bekerja pada diri kita? Salah satunya dengan menumbuhkan budaya kerja yang baik pada tempat kerja kita dengan melakukan briefing pagi. Banyak organisasi/perusahaan melakukan briefing pagi dengan tujuan agar komunikasi antar anggota tim tetap terjaga dan dapat meningkatkan produktifitas para karyawannya. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit tiap paginya untuk bisa menumbuhkan semangat dalam bekerja dan bisa juga mempererat dan memperkuat kekompakan kerjasama antar anggota tim.

Walaupun dengan waktu yang singkat, namun briefing pagi yang dilakukan secara rutin dan konsisten, mampu memberikan dampak yang positif bagi diri pribadi karyawan ataupun bagi organisasi/perusahaan. Tetapi tahu nggak sih, mengapa briefing pagi itu penting jika dilakukan secara rutin ? berikut manfaat yang bisa didapatkan :

1. Komunikasi Antar Karyawan Terjalin Baik.

 

 

 

 

Foto : Briefing pagi yang menumbuhkan semangat kerja

 

 

Dengan mengadakan briefing pagi secara rutin, miskomunikasi antar anggota tim bisa dihindari. Para stakeholder organisasi atau unit-unit kecil dalam organisasi bisa langsung memberikan arahan dan berkomunikasi langsung dengan para bawahannya, sehingga informasi yang didapatkan secara jernih, cepat dan tepat, dan tidak ada simpang siur informasi

Dengan mengadakan briefing pagi secara rutin, miskomunikasi antar anggota tim bisa dihindari. Para stakeholder organisasi atau unit-unit kecil dalam organisasi bisa langsung memberikan arahan dan berkomunikasi langsung dengan para bawahannya, sehingga informasi yang didapatkan secara jernih, cepat dan tepat, dan tidak ada simpang siur informasi

2. Menumbuhkan Semangat Kerja

Dengan mengadakan briefing pagi secara rutin, pemimpin briefing pagi harus bisa menumbuhkan semangat yang sama dalam bekerja demi mencapai target yang ditentukan. Mengapa harus bisa menumbuhkan semangat kerja yang sama? Ya karena sebelum bekerja, anggota tim akan mengalami banyak hal yang berbeda-beda yang dapat mempengaruhi mood saat bekerja. Untuk itulah pemimpin briefing pagi punya peran penting dalam memberikan motivasi dan semangat bekerja kepada seluruh anggota tim.

 

 

 

Foto : Briefing Senin Pagi untuk menyemangati seluruh pegawai PA Kebumen

 

Dalam bekerja kita harus bisa memberikan semangat positif kepada diri kita sendiri, mengapa? Ya karena semangat dari diri kita sendirilah dapat menjadikan diri kita menyukai dan dan mampu menghadapi berbagai macam tantangan dalam pekerjaan kita. Namun bagaimana cara kita menumbuhkan semangat bekerja pada diri kita? Salah satunya dengan menumbuhkan budaya kerja yang baik pada tempat kerja kita dengan melakukan briefing pagi. Banyak organisasi/perusahaan melakukan briefing pagi dengan tujuan agar komunikasi antar anggota tim tetap terjaga dan dapat meningkatkan produktifitas para karyawannya. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit tiap paginya untuk bisa menumbuhkan semangat dalam bekerja dan bisa juga mempererat dan memperkuat kekompakan kerjasama antar anggota tim.

3. Meningkatkan Kekompakan Tim

Ini sangat jelas sekali, ya dengan briefing pagi secara rutin, antar anggota tim dapat bekerja sama satu dengan yang lainnya dan membangun kekompakan dalam menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien

4. Menyatukan Persepsi dan Visi

Dalam sebuah tim, tentu saja banyak sekali persepsi dan visi dari masing-masing anggota tim yang berbeda-beda, untuk ituk itu, kegiatan ini adalah waktu yang tepat untuk menampung dan menyatukan perbedaan-perbedaan itu. Di sini pemimpin briefing pagi harus bisa mengarahkan setiap perbedaan menjadi visi bersama bagi perusahaan dan memotivasi tim untuk bekerja mencapai tujuan perusahaan.

5. Sebagai Tempat Diskusi dan Evaluasi Singkat

Dengan mengadakan briefing pagi secara rutin, setiap anggota tim bisa mengutarakan secara singkat keluh kesah dan evaluasi terhadap pekerjaan yang dilakukannnya, bisa juga sebagai wadah untuk menyelesaikan permasalahan secara bersama-sama. Sehingga para anggota tim bisa bekerja dengan sebaik- baiknya dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Nah bagaimana? Apa sudah ada gambaran mengapa briefing pagi itu penting. Bukan hanya sebagai wadah penyampai informasi saja, tetapi briefing pagi juga bisa menumbuhkan kesadaran dan kebersamaan seluruh anggota tim yang terlibat dalam menyelesaikan pekerjaan agar bisa sesuai target dengan cepat, tepat, efektif dan efisien.

 

 

Foto: Briefing Bagian Kesekretariatan untuk menyatukan langkah di PA Kebumen

 

 

 

Mari lakukan briefing pagi mulai hari ini dan jadikan sebagai sebuah kebiasaan baru yang positif dalam mencapai tujuan organisasi

Bagaimana dengan Briefing di PA Kebumen?

Briefing pagi di PA Kebumen, sudah rutin diadakan, khususnya pada unit di front office, garda terdepan pada layanan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan unit atau bagian kepaniteraan maupun kesekretariatan. Diharapkan dengan rutinnya diadakan briefing ini akan memberikan dampak positif pada pelayanan pada masyarakat pencari keadilan.

 

Foto: Briefing Untuk Menjaga Kekompakan

Dampak lain dengan adanya briefing ini pada gilirannya akan mampu memberikan layanan terbaik pada masyarakat, sehingga ujungnya adalah kepuasan masyarakat terhadap layanan kita. Mengapa briefing ini menjadi penting? Karena sesungguhnya, masyarakat yang datang di PA Kebumen ini adalah masyarakat yang bermasalah. Kita bisa bayangkan, orang yang sedang bermasalah di rumah tangganya, datang ke PA Kebumen untuk mendapatkan solusi atau jalan keluar dari permasalahannya, ketika kemudian di sini tidak mendapatkan layanan yang memuaskan, maka masalah yang sudah ruwet dan berat dirasakan dari rumah, akan terasa semakin berat, bahkan timbul rasa pesimis akan mendapatkan jalan keluar.

Foto: Briefing untuk menyatukan visi dan persepsi

Akan berbeda akibatnya, ketika orang yang datang di PA Kebumen dengan membawa persoalan masing-masing, kemudian di sini mendapatkan layanan yang ramah dan murah senyum dari pegawainya, disapa dengan salam dan dengan penuh perhatian, dilayani dengan hati dan tidak sambil lalu, maka persoalan yang berat di rumah tangga masing-masing akan terasa lebih ringan, bahkan ketika pulang, akan terkesan bahwa persoalannya akan segera mendapatkan jalan keluar yang terbaik. (eMDe)