Pengadilan Agama Kebumen dan Lembaga Bantuan Hukum UIN Walisongo Semarang Saling Berkolaborasi dalam Program Bantuan Hukum (POSBAKUM) TH 2024

Terjalinnya Kerjasama Strategis Antara Pengadilan Agama Kebumen dan Lembaga Bantuan Hukum UIN Walisongo Semarang untuk Meningkatkan Akses Masyarakat Terhadap Bantuan Hukum

 

Kebumen, 10 Januari 2024 Pengadilan Agama Kebumen dan Lembaga Bantuan Hukum UIN Walisongo Semarang secara resmi menandatangani perjanjian kerjasama guna memperkuat pelayanan hukum kepada masyarakat melalui Program Bantuan Hukum (POSBAKUM). Perjanjian ini diharapkan dapat memberikan akses lebih luas bagi masyarakat Kebumen dalam mendapatkan bantuan hukum yang berkualitas.

Penandatanganan perjanjian tersebut dilakukan dalam sebuah acara di Pengadilan Agama Kebumen dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk pejabat Pengadilan Agama dan perwakilan dari Lembaga Bantuan Hukum UIN Walisongo Semarang.

Dalam pernyataannya, Ketua Pengadilan Agama Kebumen, Drs. H. M. Kahfi, S.H., M.H., menyampaikan:

"Kerjasama ini merupakan langkah positif dalam mendukung upaya kami untuk memberikan pelayanan hukum yang lebih baik dan merata kepada masyarakat Kebumen. Dengan bekerjasama bersama Lembaga Bantuan Hukum UIN Walisongo Semarang, kami yakin masyarakat kami dapat lebih mudah mengakses bantuan hukum yang mereka perlukan."

Sementara itu, Drs. Muksun, M.Ag. dari Lembaga Bantuan Hukum UIN Walisongo Semarang menambahkan:

"Kami sangat senang dapat menjalin kerjasama ini dengan Pengadilan Agama Kebumen. Bersama-sama, kami berkomitmen untuk memberikan bantuan hukum yang berkualitas dan merata kepada masyarakat, terutama yang membutuhkan perlindungan hukum di Pengadilan Agama Kebumen."

Beberapa poin penting dari perjanjian kerjasama ini meliputi:

1.       Pemberian Bantuan Hukum Gratis: Lembaga Bantuan Hukum UIN Walisongo Semarang akan memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat Kebumen yang membutuhkan, khususnya dalam perkara-perkara yang berada di Pengadilan Agama Kebumen.

2.       Pendampingan Hukum di Pengadilan: Lembaga Bantuan Hukum UIN Walisongo Semarang dapat memberikan layanan pembuatan Gugatan atau Permohonan kepada para pihak yang membutuhkan selama proses persidangan di Pengadilan Agama Kebumen.

3.       Pelaksanaan Program Edukasi Hukum: Kedua belah pihak akan bersinergi dalam menyelenggarakan program edukasi hukum untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hak dan kewajiban hukum.

Kerjasama ini mencerminkan komitmen Pengadilan Agama Kebumen dan Lembaga Bantuan Hukum UIN Walisongo Semarang dalam mendukung terwujudnya sistem peradilan yang lebih inklusif dan berkeadilan bagi seluruh lapisan masyarakat.*Ty