Area V Pengawasan

AREA V PENGUATAN PENGAWASAN

Penguatan pengawasan bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan organisasi Pengadilan Agama Kebumen yang bersih dan bebas KKN.

Target yang ingin dicapai :

1. Meningkatnya kepatuhan terhadap pengelolaan keuangan Negara.
2. Meningkatnya efektivitas keuangan Negara.
3. Mempertahankan predikat WTP dari WBK
4. Menurunnya tingkat penyalahagunaan wewenang

Adapun eviden untuk mencapai target-target adalah sebagai berikut :

berikut eviden untuk mencapai target-target tersebut adalah sebagai berikut :

NoINDIKATOR KINERJAURAIAN KEGIATANDETAIL KEGIATANEVIDEN
1. Pengendalian Gratifikasi A. Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi Capture public campaign tentang pengendalian gratifikasi Klik Disini
  B. Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan

1. SK unit pengendai gratifikasi
2. Capture cctv
3. Foto ruang tamu terbuka
4. Tanda pelaporan LHKPN & LHKASN

Klik Disini
2.  Penerapan SPIP

A. Telah dibangun lingkungan pengendalian

1. Dokumen sosialisasi SPIP
2. SK tim hawasbis sebagai satgas SPIP
3. Dokumen laporan hawasbid

Klik Disini 
    B. Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan

1. Dokumen matrix identifikasi risiko
2. Dokumen analisis risiko

Klik Disini 
    C. Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi 1. Dokumen matrix identifikasi risiko & dokumen analisis risiko Klik Disini 
    D. SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait

1. Dokumen rapat bulanan
2. Dokumen inspeksi mendadak oleh pimpinan & berita acaranya
3. Foto apel pagi/sore tentang SPIP

Klik Disini 
3. Pengaduan Masyarakat A. Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan

1. SK petugas meja pengaduan
2. Capture dashboard siwas, foto petugas pengaduan, foto kotak pengaduan
3. Capture informasi sarana penyampaian pengaduan
4. Capture sarana pengaduan melalui media sosial

Klik Disini 
    B. Hasil penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti

1. Capture dashboard siwas, surat keterangan belum pernah menangani pengaduan
2. Capture dashboard siwas
3. Surat keterangan belum pernah ada nota dinas/surat perintah penginputan pengaduan ke siwas

Klik Disini 
    C. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat

1. Dokumen laporan monev pengaduan
2. Capture dashboard siwas

Klik Disini 
    D. Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti Dokumen laporan tindak lanjut atas monev pengaduan Klik Disini 
4. Whistle-Blowing System A. Whistle Blowing System sudah di internalisasi Dokumen sosialisasi WBS melalui rapat dan apel pagi/sore Klik Disini
  B. Whistle Blowing Systemtelah diterapkan Capture aplikasi siwas Klik Disini
   

C. Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System

Capture aplikasi siwas Klik Disini
    D. Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti Capture aplikasi siwas Klik Disini
5. Penanganan Benturan Kepentingan A. Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama SK tim penanganan benturan kepentingan & pedoman penanganan benturan kepentingan Klik Disini
    B.Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi Dokumen rapat sosialisasi penanganan benturan kepentingan Klik Disini
    C. Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan

1. Formulir penanganan benturan kepentingan
2. Dokumen surat pernyataan bebas dari benturan kepentingan oleh seluruh pegawai

Klik Disini
    D. Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan Dokumen laporan evaluasi atas penanganan benturan kepentingan Klik Disini
  E. Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti Dokumen laporan tindak lanjut atas penanganan benturan kepentingan Klik Disini