Area III Penataan Sistem Manajemen SDM

AREA III PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM

Penataan sistem manajemen SDM di lingkungan Pengadilan Agama Kebumen bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme SDM Pengadilan Agama Kebumen menuju WBK.

Target yang ingin dicapai dalam Area III ini adalah:

1. Meningkatnya ketaatan terhadap pengelolaan SDM di lingkungan Pengadilan Agama Kebumen pada masing-masing unit kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK.
2. Meningkatnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan SDM dilingkungan Pengadilan Agama Kebumen menuju WBK.
3. Meningkatnya disiplin, efektivitas dan profesionalitas SDM dilingkungan Pengadilan Agama Kebumen.

Adapun eviden untuk mencapai target-target adalah sebagai berikut :

berikut eviden untuk mencapai target-target tersebut adalah sebagai berikut :

NoINDIKATOR KINERJAURAIAN KEGIATANDETAIL KEGIATANEVIDEN
1. Perencanaan Kebutuhan Pegawai Sesuai Dengan Kebutuhan Organisasi A. Kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan

1. Dokumen rapat penyusunan anjab & abk
2. Peta jabatan, anjab, abk
3. Surat permohonan penambahan kekurangan pegawai

Klik Disini
  B. Penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan

1. SK penempatan pegawai baru hasil seleksi, SK pegawai honorer
2. SK kolektif pegawai
3. SPMT semua pegawai

Klik Disini
  C. Dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja Dokumen monev kinerja pegawai baru Klik Disini 
2. Pola Mutasi Internal A. Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, apakah telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan

1. Dokumen rapat baperjakat
2. Dokumen usul mutasi jabatan
3. DRH pegawai yang diusulkan

Klik Disini 
  B. Dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan

1. Dokumen rapat mutasi internal
2. SK mutasi internal
3. DRH pegawai yang dimutasi internal

Klik Disini 
  C. Dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja Laporan Monev Mutasi Internal Klik Disini 
3.  Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi A. Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi Dokumen rapat analisis kebutuhan diklat Klik Disini 
B. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai

1. Dokumen rapat rencana pengembangan kompetensi pegawai
2. Dokumen laporan rencana pengembangan pegawai berdasarkan SKP

Klik Disini
  C. Persentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan Capture fitur kompetensi pegawai pada SIKEP Klik Disini
    D. Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya Disposisi pimpinan perihal usulan mengikuti diklat Klik Disini
    E. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai

1. Surat usulan pegawai untuk mengikuti diklat
2. Data pegawai yang telah mengikuti diklat

Klik Disini
    F. Dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja Laporan monev pengembangan pegawai Klik Disini
4. Penetapan Kinerja Individu penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi

1. Dokumen SKP yang telah ditandatangani pegawai & disetujui atasan
2. Dokumen perjanjian kinerja

Klik Disini
    Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya Dokumen SKP berjenjang Klik Disini
    Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik Dokumen pengukuran individu pegawai secara bulanan Klik Disini
    Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward

1. Dokumen rapat penilaian hasil kinerja individu
2. SK pemberian reward kepada pegawai teladan

Klik Disini
5. Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan

1. Dokumen sosialisasi SPIP & kode etik
2. Capture apel pagi/sore, rekap absen seluruh pegawai
3. Dokumen laporan penegakan disiplin

Klik Disini
6. Sistem Informasi Kepegawaian Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala.

1. Dokumen laporan pemutakhiran SIKEP secara bulanan
2. Foto update SIKEP oleh pegawai

Klik Disini