Berita Pusat

Apresiasi Publik Untuk PTSP Online Badilag

 

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Sejak pertama kali diluncurkan, tanggal 13 April 2020 yang lalu, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Online, Call Center dan Pusat Data Badilag mendapat perhatian yang tinggi dari berbagai kalangan. Khusus dari kalangan internal pengadilan agama sendiri, antusiasme datang dari berbagai daerah. Portal ini sudah diakses ribuan kali. Dan setidaknya sampai saat ini sudah ada 270 orang pengguna yang mengajukan pertanyaan, meminta data maupun mengkonsultasikan persoalan program kerja di satuan kerja masing-masing. Jenis pertanyaan pun berbagaimacam, terkait soal sekretariatan misalnya, pertanyaan yang paling sering diajukan adalah terkait pencairan biaya mutasi, sedangkan tentang tenaga tekhnis, pertanyaan yang sering diajukan adalah seputar izin belajar, kenaikan pangkat serta mutasi, dan tentang administrasi, pertanyaan yang sering muncul adalah terkait penerapan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), penerapan Zona Integritas, dll. Dari survey internal yang ada dalm portal tersebut, 81,8 % pengguna menyatakan sangat puas dan 18, 12% menyatakan puas.

Peluncuran sistem aplikasi ini merupakan tekad Ditjen Badilag untuk menjadi lebih transparan dan akuntabel sebagai lembaga publik. Apresiasi datang dari berbagai kalangan, baik dari internal Mahkamah Agung maupun dari eksternal. selengkapnya