Evaluasi Pelaksanaan APM Oleh TIM Dirjen Badilag

Hari Rabu tanggal, 11 November 2020 Pengadilan Agama Kebumen mendapat kunjungan mendadak dari tim assesor eksternal Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI dalam rangka penilaian surveillance akreditasi penjaminan mutu (APM) untuk melihat konsistensi pelaksanaan sistem akreditasi di Pengadilan Agama Kebumen berdasarkan surat Tugas Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 494/DJA.3/ST/11/2020 tanggal 6 November 2020 perihal Pelaksanaan Assesmen Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu, Tim yang datang berjumlah dua orang yaitu Sutarno, S.I.P., M.M. selaku Lead Assesor dan didampingi oleh yasirli Amri, S.Kom. selaku pendamping assesor. 

Kedatangan Tim Assesor Eksternal tidak diketahui oleh pihak Pengadilan Agam Kebumen langsung melakukan sidak terhadap pelayanan di PTSP salah satunnya dengan melakukan wawancara langsung dengan para pihak dan petugas PTSP,termasuk juga kebersihan lingkungan kantor, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penilaian yang meliputi telusur dokumen dan wawancara terhadap bagian-bagian terkait. Pelaksanaan kegiatan penilaian ini berlangsung dengan lancar dan sukses dari awal hingga akhir dan ditutup dengan ekspose hasil penilaian pada acara closing meeting pada jam 14.00 WIB.

Sutarno, S.I.P., M.M. selaku Lead Assesor dalam sambutannya menjelaskan bahwa beliau sangat mengapresiasi Pengadilan Agama Kebumen karna sudah melaksanakan apa yang di Perintahkan oleh Mahkamah Agung RI yaitu dengan melaksanakan APM,PTSP dan Pencanangan Zona Integritas.Beliau juga menjelaskan bahwa Komitmen,Moto dan kebersihan kantor sudah bagus hanya saja dalam pelaksanaannya belum terstruktur dengan baik. Komitmen Bersama perlu ditingkatkan,bahwa dalam bekerja perlu digunakan planning,doing,check dan action dan harus dituangkan dalam dokumen secara berkala.

Semoga dengan adanya APM ini Administrasi Pengadilan Agama Kebumen akan menjadi administrasi yang berkualitas,karena dengan administrasi yang berkualitas tentunya Pengadilan Agama Kebumen akan dapat memberikan pelayanan prima yang akan mendatangkan kepuasan kepada masyarakat pencari keadilan.