Pengadilan Agama Kebumen Luouncing 2 Inovasi Pelayanan

Pengadilan Agama Kebumen Louncing 2 Inovasi Pelayanan

 

Ketua Pengadilan Agama Kebumen Kelas IA Dr. Drs. H. Masduqi, S.H., M.H. menandatangani kesepakatam kerjasama dengan Kantor Pos.

Kepala Kantor Pos Kebumen Wendi Nugroho menandatangani kesepakatam kerjasama dengan Pengadilan Agama Kebumen Kelas IA

Ketua Pengadilan Agama Kebumen Kelas IA Dr. Drs. H. Masduqi, S.H., M.H.melakukan pengguntingan Pita sebagai tanda Launching Aplikasi Lasempon dan Aplikasi Silapas.

 

 Ketua Pengadilan Agama Kebumen Kelas IA menandatangani Mou

 di saksikan Ketua ZI dan Kepala Kantor Pos Kebumen

 

Ketua Pengadilan Agama Kebumen Kelas IA Dr. Drs. H. Masduqi, S.H., M.H. pada hari Jum’at 12 juni 2020 jam 14.00 Wib telah melaunching 2 (Dua) aplkasi baru guna lebih memudahkan para pencari keadilan dalam berperkara di Pengadilan Agama Kebumen Kelas IA. Launching ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Pos Kebumen Bapak Wendy Nugroho.

                                                      Kepala Kantor Pos Kebumen menandatangani MoU 

Aplikasi yang pertama yaitu aplikasi LASEMPON (Layanan Survei Kepuasan Masyarakat ia Telepon) sebagai bentuk Komitmen Pengadilan Agama Kebumen untuk selalu meningkatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat pencari keadilan. Survei kepuasan masyarakat sebelumnya sudah dilakukan secara manual tetapi setelah adanya wabah irus Coid 19 mengharuskan masyarakat untuk saling menjaga jarak. Untuk itulah kemudian Lasempon hadir sebagai salah satu inovasi terbaru dari Pengadilan Agama Kebumen. Survei ini dilaksanakan sehari setelah pengambilan akta cerai oleh para pihak kemudian ada petugas dari Pengadilan Agama Kebumen yang menelpon para pihak untuk dimintai tanggapannya tentang pelayanan yang telah mereka terima sehingga dengan demikian pihak pengadilan mendapatkan masukan balik untuk perbaikan pelayanan diwaktu yang akan datang.

 

 

Aplikasi yang kedua yaitu aplikasi SILAPAS (Sistem Layanan Pengiriman Akta Cerai dan Salinan Putusan/Salinan penetapan) merupakan terobosan baru dalam pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan. Kalau sebelumnya dalam pegambilan akta cerai atau salinan putusan/salinan penetapan harus datang ke kantor pengadilan maka dengan adanya inovasi layanan Silapas ini maka masyarakat pencari keadilan tidak perlu datang ke pengadilan tetapi cukup menunggu di rumah. Layanan bekerjasama dengan Kantor Pos. Caranya adalah seleai sidang putusan para pihak datang ke meja informasi untk mengajukan permohonan pengiriman akta cerai dan salinan putusan via pos yang kemudian besok ada petuga pos yang datang mengantarkan akta tersebut sesuai dengan alamat dalam permohonan. (azm)