Upaya Antisipasi Penyebaran Virus Corona PA.Kebumen Laksanakan Penyemprotan Disinfektan

Pada hariKamistanggal 19 Maret 2020 mulaipukul 08.00 WIB tujuh orang petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen menyisir seluruh ruangan di Pengadilan Agama Kebumen Kelas IA melakukan penyemprotan disinfektan. Dr. Drs. H. Masduqi, SH. MH selaku Ketua Pengadilan Agama Kebumen Kelas IA mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah merupakan upaya pencegahan atas merebaknya virus Corona yang menyebar ke seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Petugas dari Dinas Kesehatan melakukan penyemprotan disinketan di ruang tunggu sidang.

Disamping penyemprotan tersebut juga dilakukan langkah - langkah strategis lainnya yaitu :
1. Sejak tanggal 19 Maret 2020 akses pintu masuk Pegawai maupun masyarakat pencari keadilan diarahkan menjadi 1 (satu) pintu, yaitu di pintu sebelah selatan/belakang.

2. Kepada seluruh Pegawai maupun masyarakat pencari keadilan diharuskan untuk cuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun/hand sanitizer yang telah disediakan sebelum masuk ke Pengadilan Agama Kebumen Kelas IA.

3. Melakukan pengaturan jarak aman pengunjung Pengadilan dan jarak aman peserta rapat saat berlangsungnya pertemuan (social distancing).

4. Terhitung mulai tangga 24 Maret 2020 sampai dengan 9 April 2020 tidak menerima pendaftaran perkara langsung kecuali melalui e-court, e-litigasi dan upaya hukum.Perkara yang sedang berjalan, persidangan mulai tanggal 24 Maret 2020 ditunda sampai 3 Minggu ke depan, kecuali e-court dan e-litigasi.

Upaya tersebut merupakan bagian dari implementasi pelaksanaan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung R.I Nomor : 1 tahun 2020 tentang Penyesuaian sistim kerja Hakim dan Aparatur Perdilan dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid 19 dilingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya jo. Surat Edaran Ketua Mahkamah Agung R.I Nomor : 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas selama masa pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya. (Redaksi).