Semarak Ramadhan di PA Kebumen

Ramadhan ceramah

Ceramah terakhir Ramadhan 1440 H di Musholla Almizan PA Kebumen yang diisi oleh Drs. H. Ahmad Adib, SH., MH. (29/5/19)

 

Kebumen – Ramadhan merupakan salah satu bulan yang paling dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Ia adalah bulan yang paling mulia. Didalamnya terdapat satu malam yang lebih mulia dari seribu bulan.

 

Pada hari hari di bulan Ramadhan, banyak umat muslim berlomba berburu ridho Allah SWT. Mereka mengisinya dengan laku ibadah setiap waktu. Tiap pribadi muslim tidak mau melewatkan kesempatan mendapatkan ampunan dan pahala di bulan suci tersebut.

 

Begitu pula dengan Warga Pengadilan Agama Kebumen. Mereka tidak mau ketinggalan dalam lomba berhadiah pahala tersebut. Secara institusi maupun peribadi, Warga PA Kebumen mengisinya dengan beragam laku ibadah.

 

Beragam kegiatan digelar Warga PA Kebumen dalam rangka mengisi bulan Ramadhan 1440 Hijriah. Diantaranya adalah Shalat Dzuhur berjamaah, Ceramah, Tadarus, Buka Puasa bersama serta santunan kepada Dhuafa.

 

Ramadhan bukber

Drs. H. Nurkhojin memimpin do'a bersama pada pelaksanaan Buka Bersama Warga Pengadilan Agama Kebumen (23/5/19)

 

Sejak jauh jauh hari, Tarsudin, SH. Ketua Takmir Mushola Almizan PA Kebumen dengan persetujuan Ketua PA Kebumen Dr. Drs. H. Masduqi, SH., MH. telah menyusun jadwal imam shalat, jadwal penceramah serta kelompok tadarus.

 

Ceramah dan tadarus digelar setiap jam istirahat siang, pukul 12.00 WIB hingga selesai. Kegiatan ceramah dan tadarus dimulai sejak 1 Ramadhan 1440 H atau 6 Mei 2019. Ceramah dan tadarus akan berakhir pada 29 Mei 2019.

 

Sesuai jadwal, ceramah diisi bergantian oleh seluruh hakim dan panitera PA Kebumen. Ceramah digelar setiap ba’da dzuhur. Sedangkan tadarus dilaksanakan usai ceramah selesai.

 

Seluruh Warga PA Kebumen selalu antusias dalam menjalani seluruh kegiatan tersebut. Mereka melaksanakan kegiatan Ramadhan disela tugas tugas kantor.

 

Ketua PA Kebumen mengapresiasi beragam kegiatan Ramadhan di kantornya. Ia berharap, kegiatan Ramadhan dapat mempertebal iman serta meningkatkan integritas seluruh Warga PA Kebumen.

 

Ramadhan santunan

Ketua PA Kebumen secara simbolis menyalurkan Zakat Infak Sedekah Warga PA Kebumen kepada perwakilan kaum dhuafa (24/5/19)

 

Buka puasa dilaksanakan Kamis (23/5/19), usai pelantikan salah satu hakim PA Kebumen. Buka puasa diikuti oleh seluruh Warga PA Kebumen. Kegiatan buka bersama dilanjutkan dengan shalat Maghrib berjamaah.

 

Pada Jum’at (24/5/19), Badan Amil Zakat Infak dan Sedekah (BAZIS) PA Kebumen menyalurkan Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) kepada 125 (seratur dua puluh lima) dhuafa sekitar kantor. Ketua PA Kebumen menyalurkan secara langsung ZIS di ruang tunggu sidang PA Kebumen, pukul 09.00 hingga 10.00 WIB.

 

Menurut ketua BAZIS PA Kebumen, Drs. H. Maswadi, Zakat Infak Sedekah tersebut dikumpulkan selama setahun dari seluruh Hakim dan Pegawai PA Kebumen.

 

Ditemui saat penyaluran ZIS, Maswadi berharap agar ZIS yang disalurkan tersebut dapat sedikit meringankan beban dhuafa dan menjadi pahala bagi Warga PA Kebumen. (t.rom)